Al-Qur'an, Psikologi dan Stroke 10 Tips Menguatkan Hafalan (Hafalan Juz 30 atau 30 Juz) Profil Singkat Hafsh & ‘Ashim Pendaftaran Peserta Baru 3 Perbedaan Bacaan Al-Qura`n dengan Bahasa Arab Fushha (Fasih & Benar)

3 Perbedaan Bacaan Al-Qura`n dengan Bahasa Arab Fushha (Fasih & Benar)

10 April 2017 Rumah

Oleh Hartanto Saryono, Lc

Pada prinsipnya, bacaan Al-Quran yang benar (bertajwid) itu sama dengan bahasa Arab yg fushha (fasih & benar). Perbedaannya hanya pada 3 hal.

 

Tiga perbedaan itu adalah:

 

Pertama; dalam membaca Al-Quran ada bacaan yang panjangnya harus lebih dari 2 harakat. Bahasa Arab fushha tidak.  Dalam bahasa Arab fushha ukuran bacaan panjang (madd) terserah berapa harakat, yang penting sudah panjang.

 

Perbedaan kedua:

Dalam membaca Al-Quran ada ghunnah yang dibaca lama (memanjang). Kadar ghunnah dalam bahasa Arab fushha tidak diatur. Ghunnah adalah suara yang pengucapannya melalui rongga hidung. Sering diartikan dengan dengung. WaLlahu a'lam tepat ataukah tidak.

 

Perbedaan ke-3:

Al-Quran dibaca dengan irama, meskipun tidak ada ketentuan & aturan iramanya harus seperti apa. Bahasa Arab fushha tidak dengan irama. Jika menggunakan irama justru lucu & keliru.

 

Hanya pada 3 hal itu saja perbedaan antara bacaan Al-Quran yg benar dengan bahasa Arab fushha. Semoga bermanfaat.


Artikel terkait:

blog comments powered by Disqus

Temukan kami di sini: