Al-Qur'an, Psikologi dan Stroke 10 Tips Menguatkan Hafalan (Hafalan Juz 30 atau 30 Juz) Profil Singkat Hafsh & ‘Ashim Pendaftaran Peserta Baru 3 Perbedaan Bacaan Al-Qura`n dengan Bahasa Arab Fushha (Fasih & Benar)

Liputan Kuliah Umum Perdana Angkatan 21

1 Agustus 2015 Admin

Menjadi Ahlul Qur'an

Ahad, 17 Syawwal 1436 H/02 Agustus 2015

Oleh : Dr. H. Atabik Luthfi, MA

Bertempat di Masjid Baitul Kamal, Balai Kota Depok, acara Kuliah Umum Angkatan 21 kemarin berjalan dengan lancar. Acara yang dimulai pukul 8.00 hingga pukul 11.30 WIB diikuti secara antusias oleh jamaah yang memenuhi lantai satu Masjid yang berlokasi di Kantor Balaikota Depok. Acara dibuka dengan penampilan tasmi’ Al-Qur’an surah Al-Qamar yang dibawakan oleh Al Ustadz Muhammad Afghan bersama istrinya. Ustadz Hartanto Saryono, Lc selaku Direktur Rumah Tajwid memberikan kuliah singkat mengenai pentingnya membenarkan bacaan Al-Qur'an.
Pada Kuliah Umum kali ini Rumah Tajwid menghadirkan Dr. Atabik Luthfi, MA.

Dalam ceramahnya Dr. Atabik menyampaikan orang yang disebut ahlul Qur'an ada 3 macam, yaitu

  1. Orang yang baik dan mahir membaca Al-Qur'an

  2. Orang yang baik dan mahir menghafal Al-Qur'an

  3. Orang yang baik dan mahir memahami Al-Qur'an

    Untuk menjadi ahlul Qur'an tersebut tahapannya adalah:

  1. Menjadi ahli tilawah Al-Qur'an

  2. Menjadi ahli hifzhil Al-Qur'an

  3. Menjadi ahli tafsir Al-Qur'an

Dan dari tiga tahapan tersebut motivasi Rasulullah SAW yang terbesar adalah kepada membaca Al-Qur'an, diantaranya bacaan di dunia akan menjadi bacaan di akhirat yang menentukan kelas surga kita. Semakin banyak kuantitas bacaan seseorang maka semakin besar pula pahala di sisi Allah SWT. Bahkan seorang yang bergelar ulamapun masih tetap dituntut untuk membaca Al-Qur'an. Mengapa? Karena bukti cinta seseorang kepada Allah dan RasulNya diukur dari cintanya kepada Al-Qur'an.

Penampilan bersahaja, dan bahasa yang santun, menyentuh dan diselingi dengan senyum yang senantiasa menghiasi wajah beliau, membuat jamaah larut dalam ceramah yang disampaikan. Saat sesi tanya jawab dibuka, para pesertapun sangat antusias bertanya kepada beliau.

Tim Rumah Tajwid mengucapkan selamat datang kepada para peserta baru angkatan 21. Kuatkan semangat untuk mempelajari Al-Qur’an karena sebaik-baik kita adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.


Artikel terkait:

blog comments powered by Disqus

Temukan kami di sini: